BLOG

Home / Blog / 3 Tren Akuntansi 2023 yang Wajib Diketahui dan Dipraktikkan

3 Tren Akuntansi 2023 yang Wajib Diketahui dan Dipraktikkan

Tren Akuntansi – Bagi para pebisnis, keuangan adalah darah dalam operasional bisnis. Pengelola keuangan yang baik maka akan mendorong bisnis lebih sehat. Sebaliknya pengelolaan aset, utang, dan modal yang buruk akan mendorong bisnis jatuh ke tanah alias gulung tikar. 

Oleh karena itu, perencanaan keuangan tahunan harus bagus dan terukur. Supaya pengeluaran bisa lebih efisien dan tidak ada kebocoran dana.

Nah supaya perencanaan keuangan bagus maka laporan keuangan harus bagus. Pembuatan neraca dan laporan laba rugi harus detail dan menggambarkan kondisi keuangan perusahaan. 

Ditambah lagi, penyusunan rasio keuangan juga harus bagus dan rapi. Kalau perlu membuat visualisasi rasio keuangan supaya mudah dicerna oleh pengambil keputusan bisnis. 

Jadi rasio utang terhadap modal bisa disuguhkan dalam visualisasi data yang menarik. Begitu juga dengan rasio laba bersih terhadap aset, pendapatan operasional, dan beban operasional bisa disajikan dalam bentuk visualisasi data yang menarik.

Sebenarnya visualisasi data laporan keuangan sudah jadi tren yang diaplikasikan banyak pebisnis. Hal itu dilakukan supaya laporan keuangan tidak melulu tabel yang membosankan. Dengan visualisasi data laporan keuangan akan mudah dicerna. 

Selain visualisasi data, ada banyak tren akuntansi yang wajib diterapkan oleh para pebisnis. Supaya laporan keuangan, perencanaan keuangan, dan kebijakan yang diambil pebisnis tepat sasaran. 

Berikut tren akuntansi 2023 yang wajib diterapkan oleh pebisnis

Green lifestyle

Gaya hidup ramah lingkungan tidak hanya diaplikasikan pada mobil listrik atau motor listrik. Gaya hidup ramah lingkungan juga diterapkan dalam dunia akuntansi. 

Caranya tentu saja mengurangi penggunaan kertas. Soalnya kertas bersumber dari pohon yang ada di hutan. Pengunaan kertas yang berlebihan tentu dapat merusak ekosistem hutan. 

Oleh karena itu, untuk mengurangi penggunaan kertas dalam pembuatan laporan keuangan maka muncul sistem akuntansi online.  Sistem pencatatan keuangan menggunakan software yang mudah dan cepat. Tanpa harus mencatat secara manual di atas kertas. 

Semua laporan kas masuk, kas keluar, piutang, utang, dan lainya dicatat dengan baik melalui software akuntansi online. Laporan laba rugi pun bisa dibuat dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan kertas. Nah salah satu software akuntansi online yang bisa digunakan oleh para pebisnis, khususnya pebisnis properti adalah sistem akuntansi online ERP 360.

Dengan sistem akuntansi online maka penggunaan kertas bisa diminimalkan. Alhasil pohon di hutan tetap lestari. 

Laporan keuangan yang real time

Dulu untuk mengakses laporan keuangan bisa seminggu sekali. Pasalnya proses pembuatan laporan menggunakan kertas dan masih manual. 

Nah tren sekarang hingga ke depan adalah laporan keuangan yang sudah real time alias kapanpun dan dimanapun bisa buka laporan keuangan. Khususnya para pengambil kebijakan bisnis. 

Untuk dapat mengakses laporan keuangan real time ini maka pengusaha harus menggunakan sistem akuntansi online seperti yang dikembangkan oleh ERP 360. 

Memang teknologi bakal masuk ke dalam dunia akuntansi sehingga proses membuat laporan keuangan lebih mudah dan cepat. Di sisi lain, pengambil kebijakan bisa dengan mudah akses laporan keuangan dari mana pun dan kapan pun. Keputusan strategis bisa diambil lebih cepat. 

Keamanan data

Kalau sudah menggunakan sistem akuntansi online maka keamanan data akan jadi perhatian serius. Soalnya data laporan keuangan yang bocor tentu bakal jadi masalah besar. Oleh karena itu, harus menggunakan sistem akuntansi online yang terpercaya keamanan datanya. 

Tiga tren akuntansi di atas akan terus berkembang. Kini sudah saat pebisnis menggunakan sistem akuntansi online. Nah untuk langganan sistem akuntansi online ERP 360 segera hubungi kami. (AS)

floatingwa