BLOG

Home / Blog / 4 Tips Memilih Software ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

4 Tips Memilih Software ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

Dalam era bisnis modern tahun 2023 yang serba digital, software Enterprise Resource Planning (ERP) sangat penting untuk menunjang operasional bisnis supaya lebih efisien dan efektif. Software ERP membantu mengintegrasikan semua proses bisni. Seperti keuangan, rantai pasokan, manajemen relasi dengan konsumen, dan sumber daya manusia (SDM) menjadi satu sistem yang terintegrasi.

Jadi bisnis properti dalam pengembangan proyek di berbagai wilayah juga membutuhkan software ERP. Dengan menggunakan software ERP maka pencatatan keuangan dan pengadaan barang untuk pembangunan proyek jadi lebih mudah. Alhasil pengambil kebijakan atau manajer operasional proyek dapat mengontrol alur pengerjaan jadi lebih cepat. Meminimalkan risiko human error.

Di sisi lain, dengan banyaknya pilihan software ERP yang ditawarkan di pasaran maka memilih yang tepat bisa menjadi tugas yang sangat menantang. Jika salah pilih bisa menyesal, soalnya penggunaan software ERP harus bayar.

Dalam artikel ini, terdapapat beberapa tips untuk membimbing Anda tentang cara memilih software ERP yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Identifikasi kebutuhan bisnis dari hulu sampai hilir

Langkah pertama dalam memilih software ERP yang tepat adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan bisnis Anda. Anda harus menganalisis alur bisnis Anda dari hulu ke hilir. Coba mengidentifikasi alur bisnis yang membutuhkan perbaikan. Misalnya, jika bisnis Anda proyek properti dan ternyata mengalami kesulitan dalam manajemen pengadaan bahan baku dan pencatatan keuagan maka Anda harus mencari software ERP yang memiliki fitur manajemen bahan baku atau inventori. Kemudia software ERP juga memililiki fitur akuntansi online. Alhasil sistem software ERP dapat membantu proses bisnis jadi lebih mudah dan cepat.

2. Evaluasi fitur software ERP yang berbeda

Setelah mengidentifikasi kebutuhan bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi fitur dan fungsi software ERP yang berbeda. Anda bisa membandingkan fitur ERP yang dibangun oleh penyedia. Bandingkan tingkat kecepatan dan kelengkapan fiturnya.

Setelah proses membandingkan, pilih salah satu software ERP yang memiliki fitur terbaik sesuai kebutuhan bisnis Anda. Contoh sederhananya, jika Anda membutuhkan fitur manajemen proyek properti, pastikan bahwa software ERP yang Anda pilih memiliki fitur manajemen proyek khusus bisnis properti.

3. Tinjau lebih dalam integrasi software ERP dan biayanya

Cara memilih software ERP yang tepat

Selain fitur dan fungsi, Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan software ERP dalam hal integarsi dengan sistem lainnya.  Sebaiknya pilih software ERP yang mudah diintegrasikan dengan sistem dan aplikasi yang dapat membantu operasional bisnis seperti sistem manajemen CRM.  Saat memilih software ERP, pastikan bahwa biaya software ERP yang Anda pilih disesuaikan dengan anggaran bisnis Anda. Alhsil dalam proses penggunaannya ke depat lancar dan menguntungkan.

4. Evaluasi vendor software ERP

Terakhir, Anda harus mengevaluasi vendor software ERP sebelum memilih software ERP. Pastikan bahwa vendor dapat memberikan dukungan dan layanan pelanggan yang baik. Misalnya proses bantuan ketika error selama 24 jam. Alhasil ketika ada kendala, bisa langsung diselesaikan. Ditambah lagi, Anda juga harus mempertimbangkan reputasi atau nama si  vendor serta pengalaman.

Software ERP360 Solusi Bisnis Properti Anda

Dalam memilih software ERP yang tepat, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti kebutuhan bisnis, fitur dan fungsi, integrasi dan skalabilitas, biaya dan ROI, serta reputasi vendor. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih software ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis Anda.

Salah satu vendor ERP yang terbaik dan memiliki fitur lengkap dan terintegrasi CRM adalah ERP360. Bisnis properti Anda bisa menggunakan software ERP360 dengan fitur inventori dan sistem akuntansi online. Jadi bisnis Anda akan beroperasi secara efisein. Untuk langganan ERP360 dan konsultasi segera hubungi WA : +62811806360

floatingwa