BLOG

Home / Blog / Manfaat Big Data untuk Manajemen Residensial Bisnis Properti

Manfaat Big Data untuk Manajemen Residensial Bisnis Properti

Big Data - Properti merupakan aset yang berharga dan bisa menjadi sumber pendapatan di masa yang akan datang. 

Baik Itu properti berbentuk Rumah, apartemen, atau kondominium. Ketiganya bisa jadi aset investasi yang sangat menguntungkan. 

Di masa yang akan datang, rumah atau apartemen bisa dijual dengan harga yang tinggi. Jadi, membeli unit rumah sekarang lantas dijual di masa depan bakal mendatangkan keuntungan yang besar.

Zaman berubah cepat. Di era 4.0 aset tidak hanya properti, kini data juga menjadi aset yang sangat penting dalam dunia bisnis properti. 

Apa Itu Big Data dan Apa Manfaatnya Bagi Kelangsungan Bisnis Properti?

Big data kini sering jadi bahan perbincangan di media cetak dan elektronik. Hal itu menunjukkan bahwa big data menjadi hal yang penting dalam kehidupan. 

Nah, big data adalah sekelompok data yang terstruktur dan tidak terstruktur dengan volume yang sangat besar.

Perbedaan big data dengan database terletak pada volume, kecepatan, dan variasi data. Big Data memiliki volume data yang sangat besar, jadi dibutuhkan aplikasi analisis yang canggih untuk memetakan dan klasifikasi data.

Big Data memiliki variansi data lebih banyak, dengan mengambil sumber data secara online. Alhasil bersifat Real time.

Berikut Manfaat Lengkap Penggunaan Big Data Bagi Bisnis Properti

Pertama, Untuk Mengambil Keputusan Membangun Model Rumah

Contoh sederhana Sumber big data adalah aktivitas penjelajahan masyarakat di mesin pencari Google.  Aktivitas searching di Google menjadi sumber data yang besar terkait perilaku masyarakat. 

Riwayat searching di Google tersebut masih random. Nah, supaya terstruktur dalam satu tema khusus, maka diklasifikasikan dengan aplikasi.

Seperti Aplikasi Ubersuggest yang berguna untuk memetakan berapa banyak volume pencarian sebuah kata kunci. 

Misalnya, volume kata kunci “rumah modern minimalis” mencapai 100.000, berarti banyak sekali masyarakat yang menginginkan sebuah rumah dengan model modern minimalis.

PihakpengembangbisnispropertibisamemanfaatkanaplikasiUbersuggesttersebutuntukmengolahBig Datamenjadiinformasiuntukmengambilkeputusan.

Dengan data volume permintaan rumah modern minimalis yang tinggi di mesin pencari, maka developer bisa mengetahui tren pasar terkait model rumah dengan mudah dan murah.

Kedua, Meningkatkan Kepuasan Pelanggan 

Bisnis properti bisa menggunakan big data untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan. Aplikasinya bisa dipraktikkan oleh manajemen apartemen.  

Misalnya manajemen apartemen ingin memperbaiki kualitas layanan kepada para tenant atau penghuni kamar apartemen. 

Salah satunya dengan mendata penghuni. Mulai dari profil nama dan nomor apartemen. Kemudian dari data ini dikembangkan jadi semacam software manajemen iuran, pembayaran tagihan secara online, kirim invoice online ke penghuni. 

Jadi kerja-kerja manajemen apartemen by data. Invoice tagihan penghuni pun jadi tersetruktur sehingga tidak ada risiko salam data. Semuanya pun terkumpul dalam satu software. Kemudian penghuni apartemen pun akan terbantu karena semuanya serba otomatis. 

Jika Anda pengelola apartemen yang ingin semua data penghuni, tagihan, dan lainnya terangkum dalam satu software, yuk kerjasama dengan ERP360. 

ERP360 menyediakan software ERP360 Residential yang memiliki fitur manajemen data penghuni, manajemen iuran penagihan dan pembayaran online, mobile pengaduan, serta dashboard laporan yang bersifat real time. Untuk proses kerjasama, silahkan hubungi kami. (AS)

floatingwa