BLOG

Home / Blog / Manfaat Laporan Laba Rugi di Sistem Akuntansi Online ERP360 Bagi Pebisnis Properti 

Manfaat Laporan Laba Rugi di Sistem Akuntansi Online ERP360 Bagi Pebisnis Properti 

Manfaat Laporan Laba Rugi – Kinerja bisnis properti harus dipantau terus. Ibarat tubuh, cek kesehatan harus dilakukan secara rutin.

Jika cek kesehatan tubuh harus melalui dokter, maka cek kesehatan perusahaan harus lihat laporan keuangan. 

Terutama bagian laporan laba-rugi. Jika dari laporan laba rugi didapat angka pendapatan lebih besar dibanding beban, berarti perusahaan sehat. Apalagi margin pendapatan sangat besar, berarti perusahan properti operasionalnya efisien. 

Nah indikator perusahaan properti sakit juga bisa dilihat dari laporan laba rugi. Hal itu terjadi saat tingkat beban operasional lebih besar dari pendapatan operasional. 

Alhasil perusahaan berjalan di bahu yang retak. Oleh karena itu, wajib ada evaluasi model bisnis yang salah. 

Oleh karena itu, manfaat laporan laba rugi dalam akuntansi bisnis properti sangat penting.  Selain bisa buat indikator kesehatan perusahaan properti, berikut manfaat laporan laba rugi. Yuk simak dan bagikan. 

Analisis Risiko Bisnis

Laporan laba rugi tidak hanya terbatas untuk cek kondisi kesehatan bisnis properti atau sebaliknya. Hal yang bisa digali dari laporan laba rugi sangat banyak.

Seperti analisis risiko bisnis. Hal ini bisa dicek dari total beban operasional yang menjadikan keuntungan tergerus.

Caranya cek beban besar di laporan laba rugi. Misalnya setelah dicek, diketahui beban besarnya bersumber dari pengeluaran pembelian material bangunan. 

Berarti risiko bisnis yang besar berada pada beban pembelian material bangunan. Nah untuk meminimalkan risiko tersebut Anda bisa mengubah strategi vendor material bangunan.  Misalnya mencari vendor yang jual material rumah dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, pengambil keputusan  bisnis juga bisa tahu pengeluaran kecil yang kontribusinya terhadap keuntungan tidak ada. Jadi bisa diputuskan untuk menghapus pengeluaran kecil-kecil tersebut. 

Dengan analisis risiko dari laporan laba rugi tersebut maka pebisnis bisa tahu beban operasional yang paling besar sampai kecil. Begitu juga dengan segenap risikonya. 

Jadi tim manajemen bisnis bisa mengambil keputusan yang terbaik, agar bisnis properti tetap sustainable sampai masa depan.

Informasi Buat Mengambil Langkah Strategis

Laporan laba rugi tidak hanya terpaku untuk analisis risiko yang dapat menggerus pendapatan operasional.

Lebih jauh lagi, laporan laba rugi bisa dijadikan bahan penting untuk menentukan langkah strategis ke depannya. 

Misalnya, dari hasil laporan laba rugi didapat kesimpulan bahwa pendapatan dari rumah tipe dua lantai minimalis yang paling besar. 

Dari data tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa rumah dua lantai minimalis paling banyak diminati oleh pembeli.

Nah dengan mengetahui data seperti ini maka bisa diambil langkah strategis kedepannya untuk membangun klaster khusus rumah 2 lantai minimalis.

Alhasil laporan laba-rugi sangat efektif untuk evaluasi kinerja perusahaan properti.  

ERP360 Mempersembahkan Sistem Akuntansi online untuk Bisnis Properti

ERP360 selalu berinovasi menciptakan software untuk membantu pebisnis properti. Nah untuk memudahkan pembukuan keuangan pebisnis properti, ERP360 mempersembahkan sistem akuntansi online. 

Sistem akuntansi online yang memudahkan pembukuan keuangan. Mulai dari pencatatan kas kecil, buku besar, stok inventori, penghitungan depresiasi aset, serta laporan laba rugi. 

Dengan sistem akuntansi online ERP360, pebisnis properti tidak perlu lagi menghabiskan kertas untuk catatan pembukuan. 

Tinggal entri data ke sistem akuntansi maka pembukuan langsung jadi. Jadi kerja-kerja pembukuan, menyusun laporan laba rugi dan neraca jadi lebih cepat serta efisien. Jadi yuk langganan sistem akuntansi online, ERP360 dengan menghubungi kami. (AS)

floatingwa