BLOG

Home / Blog / Contoh Penerapan ERP Pada Perusahaan Jasa

Contoh Penerapan ERP Pada Perusahaan Jasa

ERP atau Enterprise Resource Planning memang jadi solusi bagis bisnis perdagangan atau jasa. Dalam bisnis jasa, penerapan ERP sangat membantu proses bisnis dari hulu ke hilir.

Penerapan ERP dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis jasa. Terutama untuk memangkas biaya dan menghindari human error.

 

4 Contoh Penerapam ERP Pada Perusahaan Jasa

Bagi Anda yang bergerak pada perusahaan jasa, sebaiknya menerapkan ERP. Supaya alur bisns jadi lebih efisien. Berikut contoh penerapan ERP pada perusahaan jasa:

1. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

ERP sangat membantu tim HRD dalam mengelola sumber daya manusia (SDM). Seperti memantau kinerja SDM. Seperti rencana kerja hingga to do list.

Bahkan lebih detail lagi, ERP  membantu mengotomatisasi tugas-tugas administratif jadi lebih mudah dan cepat. Alhasil tim HRD bekerja dengan data dan prosesnya jadi efisien.

2. Manajemen Konsumen

ERP dapat membantu bisnis jasa dalam manajemen pelanggan. Jadi ERP ini juga sangat membantu bidang public relation (PR) perusahaan jasa.

Bahkan ERP dapat menganalisis pelanggan dengan detail. Mulai dari umur, jenis kelamin, kontak, alamat, dan lainnya. Alhasil perusahaan jasa bisa mengenali pelanggannya lebih dekat.

Dengan mengenali pelanggan maka bisnis jasa bisa dapat preferensi dan kebutuhan pelanggan. Lebih jauh lagi dapat mengidentifikasi peluang membuat jasa yang memuaskan pelanggan.

3. Manajemen Keuangan

Manajemen keungan perusahaan jasa harus terstruktur dengan baik. Mulai dari pembuatan laporang keuangan, laba rugi, depresiasi, kas kecil, dan lainnya.

Nah ERP dapat membantu perusahanan jasa dalam manajemen keuangan terutama akuntansi perusahaan. Proses pencatatan keuangan dan laporan keuangan jadi lebih mudah dan cepat. Jauh dari human error dan hemat biaya SDM.

4. Manajemen Persediaan

Sistem ERP juga dapat membantu pengelolaan rantai pasokan dan manajemen persediaan perusahaan jasa. Alhasil perusahaan dapat memonitor persediaan barang yang berada digudang.

Hal ini tentu meperlancar proses bisnis. Permintaan konsumen bisa dipenuhi dengan cepat tanpa ada drama persediaan barang kosong.

Kesimpulan: Terapkan ERP Pada Perusahaan Jasa Anda

Dengan banyaknya manfaat ERP dalam membantu perusahaan jasa, sebaiknya terapkan sistem ERP pada bisnis jasa Anda sekarang juga.

Supaya pengelolaan SDM, pelanggan, keuangan, dan persediaan jadi lebih baik. Proses bisnis pun lancar dan kinerja perusahaan terkontrol dengan baik.

Anda bisa menerapkan ERP360 yang memiliki modul lengkap. Mulai dari modul akuntansi, modul cost control, dan sistem sales manajemen. Anda bisa langganan ERP360 dengan menghubungi WA berikut: +62811806360

floatingwa